Monday, January 24, 2011

SEMINAR ?? I don't think so

Aaarrrgghhh !! Gak enak banget jadi anak kelas 9 yang mau UN !!
Gue ngerasa gak nyaman banget dengan keadaan kekacauan sekarang ini .

Gini ceritanya,
hari ini Senin, 24 Januari 2011 (padahal tadi gue nulis di buku tgl 23 ! >.<) , sekolah gue (gak usah disebutin lagi dah) bekerja sama dengan bimbel baru di Salatiga.
Mereka (bimbel) ngadain promosi ke anak-anak kelas 9 dengan "kedok SEMINAR ! Bukan PROMOSI !
Kalo gak salah ini udah kali kedua ada acara "pasar" gini di sekolah gue .
Awalnya mereka ngasi-ngasi snack gitu lah (kalo KFC gue mau :p) . Tetep aja gue gak minat dan gue laper setengah mati !!
Mulai lah masuk presenter agak lebay . Bikin tambah eneg ! Gue ngrace 3x3x3 aja lah sama temen-temen .
Lalu datang si boss yang jadi fasilitator (model promosi menurut gue) . Mulai lah dia jelasin tentang metode memorisasi pelajaran . Wait !! Di lembar pengumuman lo mestinya jelasin cara cepat milih jawaban di UN dan gimana cara lulus UN dan masuk SMA favorit ! Kenapa jadinya jelasin metode-metode memorisasi ? Belum tau aja lo di bukunya mas Chuck ada metode-metode memorisasi . Dan saat dia bikin contoh memorisasi, gue bisa nebak apa yg dia bayangkan dengan metode image based (menurut buku mas Chuck) .

Sampailah di penghujung acara . DAMN ! Gue makin muak . Isinya cuma promosi, promosi dan promosi . Kalo emang mau promosi bilang aja dari awal ! Gak usah pake lagak ngadain seminar !
Gue udah nebak dari sebelum-sebelumnya kalo semua ini berakhir dengan PROMOSI BIMBEL !!
Buat apa kita daftar bimbel dengan uang Rp 1.000.000,00 ke atas yg katanya bisa bikin kita lulus UN ? Gue kelas 9 udah gak bakal lama lagi ! Buat temen-temen gue yang daftar : anda patut menyesal ! akan saya buktikan saya juga bisa lulus dengan nilai baik tanpa ikut bimbel !

Dan yang gue heran adalah : kok sekolah kurang berpikir jernih ya ? apa mereka dapet uang banyak dari seminar promosi menyebalkan ini ? di presentasi tadi cuma ada 2 rumus tambahan dan guru di sekolah udah ngajarin ke kita-kita ! lagipula ini udah akhir tahun ajaran, buat apa baru masuk les sekarang dengan biaya jutaan ?? SEKOLAH BUKAN PASAR !! Jangan jadi ajang promosi bimbel-bimbel terus ! Kita-kita juga udah pada les (kecuali gue mungkin) . Dan sekolah lebih merelakan energi dan waktu beristirahat siswa daripada promosi bimbel baru yg kita belum tau bener mutu dan kualitasnya (meski katanya ada yg rank 1 UN se-Indonesia) .

Ada juga menurut gue kesalahan-kesalahan kecil yg malah bikin murid jengkel . Di lembaran undangan, gak ada tuh kata-kata yg menyatakan undangan kepada para siswa kelas 9 buat ikut itu . Itu cuma pemberitahuan ke orang tua kalo ada seminar, udah gitu aja ! Gak ada juga tulisan WAJIB . Tapi kenapa kita-kita harus ikut semua ? Emangnya kalo ada undangan nikahan kita wajib dateng ? Suka-suka dong . Gak dateng aja malah dianterin makanan, ya kalo kita gini mestinya gak dateng dianterin buku latihan soal gitu (hahaha) . Kita juga dapet seminar kit . Tapi menurut gue itu tuh brosur semua ! Buku latihan soal aja tetep ada unsur promosi !

Aaaaarrrrgghhh !!

kali ini :
andasuperkoplosayakoplo

Radit bin Dwiprasetyo

1 comment:

  1. Kata seorang (penulis) guru yang benar-benar guru dan bijak : SEKOLAH BUKAN PASAR.

    Buku tulisannya dengan judul yang sama, seingat papa pernah papa berikan gratis kepada Kepala SMPN 1 Salatiga dan juga Kepala SDLab Satya Wacana. Mereka baca nggak ya ???

    Guru & Kepala Sekolah (juga Komite Sekolah) bukan Pedagang di pasar khan, apalagi di sekolah ???

    papah na si Radit tea.

    ReplyDelete