Friday, January 13, 2012

♫KAMU GAK SENDIRIAN !

    Hai, gue Radityo Yunus Utomo Wicaksono, biasa dipanggil Tyok (Tyo mestinya, dasar lidah Jawa). Gue masih imut-imut, masih SMA kelas X pula. Kalo mau tau gue lebih lanjut bisa via Facebook ‘Tyookx Uddaah Enggaa Allayyz”. Engga gue bercanda. Silahkan add akun Facebook sesuai nama asli gue.
Gue adalah bagian dari keluarga kecil yang cuma 4 ekor, papa, mama dan adek gue, si Edgar. Eh engga, itu adeknya Dika. Adek gue Tya. Mungkin yang ada di pikiran kalian setelah mengetahui nama gue dan adek gue adalah ‘Kalian anak kembar ya?’ gara-gara nama kita cuma beda O dan A. Engga, kita gak kembar, kita beda 4 tahun cahaya. Gue juga ga ngerti kenapa papa-mama ngasi nama ke kita yang mirip-mirip gitu. Takut lupa nama kita kalo udah mereka udah tua kali ya. Tapi gimana pun juga gue cinta mereka. Gue bukan apa-apa tanpa mereka.
Jujur, gue gak tau apa yang harus gue tulis sekarang. Gue bener-bener gak bisa mikir. Dan ini pertama kalinya meluangkan waktu gue untuk nulis, eh ngetik sih sebenernya (abis tulisan gue mirip rambut tantenya neneknya cucunya kakak iparnya adek tetangga gue). Semua ini karena penyakit akut yang baru aja gue derita. Galau.
Ya, gue rasa demam galau lagi nge-tren di kalangan remaja-remaji Indonesia. Ini dibuktikan dengan status-status di Home (aseeek pake english) Facebook gue. Dari sejumlah nama alay yang gue gak ngerti siapa indungnya, eh salah, induknya, sebagian besar dari mereka menunjukkan penyakit yang lagi mereka alami, dan gue juga termasuk dalam komunitas penyakit itu. Kalau ada yang namanya KJS atau Komunitas Jantung Sehat, gue bakal bikin komunitas dengan nama KGS, Komunitas Galau Sehat.

Mulai dari yang biasa-biasa aja,
    ‘Sayang, aku sepi gak ada kamu lagi di sini.’

Yang agak luar biasa,
    ‘Coba klo aq ckrg punya pacarr, aq gk bkl date sm pak rt.’

Dan yang terlalu luar biasa,
    ‘Iuuuhh, ueenak yacchh yangg poenya paccaarr, agkuuhh puengeeenn poenyah pacaarrr.’

Luar biasa alaynya.

Sama seperti yang pernah dikatakan seorang penulis yang gak homo dan gak bajingan (gue baik kan) tapi pendek (awas lo yok !), sebenernya tahapan manusia adalah bayi – balita – anak-anak – remaja – ALAY – dewasa – lansia. Gue masih inget saat-saat dimana gue lagi alay-alaynya. Waktu itu SD, dan gue udah dikasih hape sama papa-mama. Dulu gue masih dipercaya bahwa gue irit dalam penggunaan pulsa. Jadi tiap bulan dibeliin pulsa 50 ribu dan itu 2 bulan aja gue gak abis. Sekarang 10 ribu aja mungkin 10 menit udah abis. (Tiba-tiba cowok gondrong pirang lewat) ‘Tenang, kan ada kartu As’. Gue masih inget gimana bahasa sms gue dulu kelas 4 SD.

    ‘.Pa, bSa tLong jEmpuT aGku ?’

Awal kalimat aja pake titik.

Dan beruntung cewek yang dulu pernah gue deketin (gila kelas 4 SD udah deketin cewek) ternyata.... juga alay. Yessy namanya. Kali itu pertama kalinya gue ngerasa bener-bener suka sama cowok, eh cewek. Biar kata dia alay, gue bener-bener naksir sama dia, karena waktu itu gue ngerti apa itu alay, dan gue juga alay. Pertama kali gue naksir dia waktu wali kelas gue, Bu Lany, menempatkan kita pada bangku yang sama. Gue merinding waktu itu. Bulu di gigi gue juga ikutan berdiri. Gak usah dibayangin. Yessy adalah sosok wanita chinese yang tentunya puting, eh putih, dan susah melek. Tapi meski begitu dia adalah wanita tercantik bagi gue saat itu (langsung gue puter lagu James Blunt-You’re Beautiful, serius).
Gue dan Yessy ibarat awan di langit dan kapas di selokan. Maksud gue si Yessy yang awan, gue yang kapas. Nasib. Yessy lahir di tengah keluarga yang hartanya berlebih, gue lahir di tengah keluarga yang berkecukupan (yang penting kebutuhan sandang distro, pangan KFC, papan bisa buat keluyuran terpenuhi, bercanda guys). Tapi bukannya gue menilai seseorang dari hartanya, cuman dari harta yang dia miliki, Yessy bisa bawa gadget-gadget mahal ke sekolah, sepatu-sepatu merk olahraga kayak A’didik, Ni’ke-tiakbauk, Roobek dsb. Denger-denger dia juga perawatan gitu deh, biar kulit kenceng, tetep putih (dasar cina lo !). Sementara gue dengan emas dan berlian seadanya waktu itu aja cuma bawa hape harga rendah, sepatu ya merk olahraga kayak Yessy tapi yang harga cuci gudang (gue masih inget dulu beli Converse harga 80 ribu gara-gara discount), perawatan paling lulur pake air liur waktu molor. Pokoknya gue dan Yessy berbanding 180 derajat lah. Ngarep banget gue bisa dapetin dia.
Suatu ketika kita lagi sama-sama sibuk merhatiin penjelasan guru. Waktu itu kita lagi denger penjelasan Pak Puji tentang FPB dan KPK. Gue liat tangan dia lagi nganggur di dalem laci meja kita. Gue mulai berpikir ‘Pegang gak ya, pegang gak ya.’ Gila ya, gue kecil-kecil udah mikirin megang tangan cewek. Akhirnya, gue, masukin tangan gue ke kantong celana, bukan ke laci. Gue deg-degan abieess. Sorry, alay gue kumat.
Akhirnya gue memberanikan diri untuk sekedar meletakkan tangan gue ke dalam laci meja yang sama dengannya. Waktu itu gue bener-bener gak merhatiin FPB dan KPK di papan tulis. Pikiran gue hanya tertuju pada tangan putih lembut yang sering megang raket itu. FYI, Yessy adalah atlet bulutangkis sekolah waktu itu. Sekian lama menunggu, tangan gue mulai mendekat. Gue diem, mencoba memperhatikan penjelasan papan tulis, eh salah, Pak Puji (maaf pak !).
Tunggu tunggu tunggu, sebenernya apa yang kalian pikirkan tentang Tyok kecil sewaktu SD ?

    ‘Gila nih anak, kelas 4, masih cebol, dan pasti belum sunat, udah mikirin cewek segala.’

Terserah deh, gue cuma mau nyeritain kisah paling berkesan buat gue sewaktu masih chubby. Lanjut ! Gue kaget ketiak, eh ketika, ketika merasakan ada sentukan di tangan gue. Yessy menempelkan sisi luar tangannya ke sisi luar tangan gue. Lalu mata kaki kita saling berpandangan. Engga, mata yang ada di kepala gue dan kepala dia saling berpandangan. Cuma 1-2 detik. Seolah dia mengisyaratkan ‘Pegang aja Yok, gak apa-apa’, dan gue mengisyaratkan ‘Gue pegang tangannya ya, Yes ?’ Damn, ternyata gue udah kena pengaruh sinetron dan telenovela sejak SD. Tapi emang sejak TK gue sering liat telenovela di SCTV waktu itu.
Kembali ke urusan tegangan pangan, eh, pegangan tangan. Apa coba tegangan pangan, gue juga gak ngerti. Lalu tangan kecil gue mulai meraih tangan Yessy yang keringetan sama kayak gue. Pasti kalian tau gimana rasanya jadi gue saat itu. Mungkin lo pada juga udah pernah ngalami ginian. Serasa dunia akhirat cuma milik gue sama Yessy. Seperti FPB dan KPK yang di setiap pelajaran matematika mereka selalu dijelaskan bersamaan. Seperti friends gue di Facebook, dimana galau dan alay selalu muncul bersama di Home.
Yessy adalah cinta pertama gue. Gue masih simpen kartu namanya yang juga adalah sticker, lalu gue tempel ke pintu kamar gue, sampai sekarang. Gue masih simpen boneka beruang yang dia kasih ke gue waktu ulang tahun gue. Kalian juga diperbolehkan memberikan hadiah untuk saya saat ulang tahun. Hadiah dikirim ke Perum. Argomulia E.123 Salatiga 50772 atas nama Radityo Yunus Utomo Wicaksono bin Dwiprasetyo. Jangan lupa, pajak ditanggung pengirim.
Gue juga pernah dikasi duit sama Yessy. Jumlahnya juga gak dikit buat anak SD waktu itu, bahkan untuk anak SMA sekarang. 40 ribu ! Sekarang aja gue ngasi 5 ribu ke temen pikir-pikir dulu. Entah mengapa, tiba-tiba dia nanya gue ‘Yok, mau duit gak?’ Gue ngerasa rendah banget saat itu. Harga diri gue diinjak-injak. Lalu gue jawab ‘Mau mau!’.
    Hening.

Gue naksir dia 3 tahun. Kelas 4 berlanjut di kelas 5 lalu kelas 6. Gue sempet nembak dia waktu kelas 5 (keren ya gue, kelas 5 berani nembak cewek), waktu kita beda kelas. Gue 5A dan dia 5B. Waktu itu wali kelas gue suka ngupil, serius. Apesnya, karena kita beda kelas, dia ngerasa ga deket lagi sama gue. Gue ditolak 1 ½ mentah! Dan kemudian sahabatnya Yessy yang juga temen deket gue, si Melly bilang:
‘Lo bodo banget sih Yok! Ga nyadar apa, kelas 4 dulu si Yessy naksir berat sama lo!’
Gue emang ganteng (kata banyak orang loh hahaha), baik, nilai rapor bagus terus, jadi wajar kalo cewek primadona temen-temen naksirnya sama gue. Back to the story! Gue hancur waktu itu. Gue duduk di lantai, tangan di kepala, termenung, merenung.

‘Ya Tuhan, kenapa kau tak sadarkan aku. Ternyata selama ini aku tidur.’

Ada yang jawab ‘Lo melek tau gak Yok!’

Semangat gue ilang saat itu. Ketemu dia pun gue gak sanggup. Papasan di kantin, dia berlalu begitu saja (karena gue waktu SD kecil kali ya, tapi sekarang tinggi loh, curhat). So, gue malah jadian sama cewek lain, si Mila, yang pernah mencoba bunuh diri waktu pelajaran tata boga gara-gara rebutan gue sama temen cewek gue lainnya (yeah man, banyak yang naksir gue dulu, serius, sekarang juga sih hahaha).
Di kelas 6 gue sekelas lagi sama Yessy, dan..... kita sebangku. Dengan sebab yang sama, kita ditempatkan sebangku oleh wali kelas 6B, Bu Har. Gue bertekad kali ini gue ga boleh gagal lagi ngedapetin Yessy. Dia cinta mati gue, waktu itu gue ngerasa gitu. Gue deketin dia lagi, mulai smsan lagi, dan gue udah gak terlalu alay. Gue masih inget dulu sempet nulis surat cinta ke dia. Bukan gue yang nulis, si Elsa temen gue yang nulis, karena ya itu, tulisan gue ancur (miris). Di surat itu gue menekankan bahwa gue adalah ‘alien cinta’. Alay gue makin parah ternyata. Gue udah lupa gimana isi surat itu. Yang jelas gue ngasi tau ke dia kalo kita ini berbeda jauh, bagaikan manusia dan alien, tapi gue adalah alien yang bisa merasakan cinta di atas segala perbedaan itu.

    Lagi, gue ditolak.

Temen gue tanya ‘Kenapa Yok?’ (sambil nangis dia baca cerita ini).
Yessy udah menemukan cintanya dari SD lain, yang sesama atlet bulutangkis. Kata Yessy biar papi ngebolehin. Lagi, gue hancur berkeping-keping. Kayak keramik yang udah patah, lalu diinjek dan menjadi remah-remah. Gue nyadar kalo mungkin memang Yessy maksimal cuma bisa jadi temen-saling-suka gw. Kelas 6 itu, gue coba lupakan urusan cinta, dan serius belajar untuk menghadapi UASBN yang adalah syarat kelulusan waktu itu. Gue benci UASBN (ini kritik).

Sekarang gue udah SMA, dan kembali menjomblo. Setelah gue putus sama si Delta yang menurut gue dia kekanak-kanakan. Sorry. Selama ini gue udah mencoba menjalin hubungan sama beberapa cewek, tidak sekaligus! Dan kegagalan itu gue jadiin pelajaran untuk menghadapi cewek selanjutnya, atau mungkin atlet bulutangkis selanjutnya, atau apapun lah dia (yang penting bukan cowo). Gue belajar untuk memberanikan diri untuk nyatain perasaan gue ke temen cewek yang lagi deket sama gue, tentunya gue gak asal ngomong. Gue juga butuh teman sebagai penasihat gue. Kapan gue harus nyatain perasaan gue, gimana cara nyatainnya, apa yang bakal terjadi setelah gue nyatain perasaan gue ke dia, semua gue pertimbangkan sama temen-temen.
Gue ga bisa menyimpulkan tulisan ini. Mudah-mudahan kalian bisa mengambil sesuatu dari tulisan ini. Gue cuma mau ingetin : ‘Ga ada salahnya kita nyoba buat ngelakuin sesuatu (dalam bagian ini nyatain perasaan kita ke orang lain), tapi kita punya masa depan yang harus kita pikirkan secara matang biar gak dapet hasil memuakkan, dan kita punya banyak orang di sekitar kita, mereka yang kenal sama kita dan ngerti kita, mintalah pendapat, jangan berbuat segala sesuatu sendiri, dan yang terpenting andalkan TUHAN.’

andapintarsayakoplo

Radit bin Dwiprasetyo

No comments:

Post a Comment